KPP Pratama Raba Bima Gelar Kegiatan BDS 2024 UMKM " Naik Kelas " Kemenkeu Satu Bima

 





Kota Bima, Cakrawala NTB.Com. 

Media Cakrawala NTB.Com - Pada hari Rabu, 29 Mei 2024 telah diselenggarakan Kegiatan Bussiness Development Service dengan tema UMKM “Naik Kelas” oleh Kemenkeu Satu Bima yang merupakan kolaborasi dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang di Kota Bima. Kegiatan ini mengundang sebanyak 75 pelaku UMKM dari Kota Bima untuk berkumpul dan mendapatkan pelatihan di Aula lantai 2 KPPN Bima.


Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian kesepakatan bersama, kerjasama dan komitmen dari KPPN Bima, KPKNL Bima dan KPP Pratama Raba Bima untuk melakukan pembinaan wajib pajak UMKM dan mendukung pemberdayaan UMKM yang masih menghadapi tantangan dan hambatan. Beberapa di antaranya adalah keterbatasan akses pasar, kurangnya sumber daya manusia di bidang pemasaran yang terampil, terbatasnya penggunaan teknologi dan akses ke layanan keuangan yang belum optimal (akses kredit).


Pada sambutan oleh Ahmad Yusuf selaku Kepala KPPN Bima disampaikan bahwa tujuan Kemenkeu Satu pada kegiatan kali ini adalah bagaimana umkm bisa naik kelas.


“Kami sebagai perpanjangan tangan dari kementerian keuangan memiki tugas khusus yaitu mendukung pemberdayaan UMKM," pungkasnya


Kemudian disambung dengan sambutan dari Kepala KPKNL Bima, Benediktus Margiadi menyampaikan bahwa dalam rangka menaikkan kelas KPKNL menawarkan fasilitas berupa lelang.


"Kalau produk anda dilelang di tempat kami, maka levelnya bukan level bima lagi namun level Nasional" , ujar Benediktus.


Kepala KPP Pratama Raba Bima, Wahyudi, menambahkan bahwa Kantor Pajak berperan sebagai ujungnya, selaku tugas dari KPP Pratama sebagai pengumpul penerimaan negara.


"Penerimaan pajak tahun 2023 masih besar pasak daripada tiang, sedangkan negara menggelontorkan subsidi yang bersumber dari penerimaan negara, oleh karena itu pajak ini jangan dijadikan momok namun jadikan sebuah tanggung jawab bersama. Namun untuk UMKM, pemerintah memberikan insentif yaitu bebas pajak sampai dengan omset 500juta setahun. Wahyudi berharap, KPP Pratama Raba Bima dapat menjadi mitra strategis pemberdayaan UMKM di Kota Bima," ungkap Wahyudi.


Sementara itu, Dinas Koperasi dan UMKM kota Bima, yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Arafiq menyampaikan bahwa anggaran yang telah disiapkan ini merupakan peluang yang seharusnya dapat dimanfaatkan bersama sama oleh pelaku UMKM.


“Kota Bima ini tidak bisa bergerak tanpa UMKM, Kota Bima adalah kota perdagangan dan jasa, sembilan puluh sembilan persennya adalah mikro , harapan kami ini bisa berkembang menjadi kecil, menengah, dan besar", katanya


Kemudian dsiambing dengan pengenalan  E-Auction oleh KPKNL Bima dan aplikasi e-Payment oleh KPPN Bima. Pejabat fungsional lelang ahli pertama KPKNL Bima yaitu Halim Wijaya menjelaskan bahwa aplikasi sebelum tahun 2014 pelaksanaan lelang masih konvensional, namun terus berkembang melalui modernisasi.

 

“Sekarang dengan menggunakan E-Auction, produk Bapak Ibu pelaku UMKM akan dapat ditawar dari seluruh Indonesia" jelas Halim.


Tidak hanya itu kegiatan dilanjutkan dengan sharing success story oleh Untung selaku pemilik dari Foodbox Bima.


“Harus ada unique selling point , artinya setiap usaha yang anda buat harus ada yang membedakan dengan orang lain, dan satu yang saya tidak pernah lakukan adalah banting harga, hal ini mungkin bisa dilakukan sesekali bila ada momen momen tertentu, namun tidak bisa dilakukan secara harian karna cost di bidang food and beverage itu tinggi", jawab Untung ketika diminta untuk memberikan tips atas usaha di bidang food and beverage”.


Pada kesempatan yang sama , para pelaku UMKM juga diperkenalkan dengan metode pembayaran digital (e-Payment) yang disampaikan oleh perwakilan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bima (KPPN Bima) serta dilanjutkan dengan penyuluhan terkait Kewajiban Perpajakan UMKM, hingga edukasi teknik pembukuan dan pencatatan oleh perwakilan dari KPP Pratama Raba Bima.(RED).


Bahar




COMMENTS

Nama

Bima,11,Corona,5,Dompu,2,Dunia,1,Ekbis,4,Hukrim,5,Kesehatan,2,Korupsi,2,Kota Bima,1,KSB,1,Lombok,2,Mataram,5,Nusantara,1,Pariwisata,2,Pemerintahan,2,Pendidikan,3,Peristiwa,5,Politik,1,Regional,1,Religi,2,Sumbawa,3,Vaksinasi,4,
ltr
item
Cakrawala NTB: KPP Pratama Raba Bima Gelar Kegiatan BDS 2024 UMKM " Naik Kelas " Kemenkeu Satu Bima
KPP Pratama Raba Bima Gelar Kegiatan BDS 2024 UMKM " Naik Kelas " Kemenkeu Satu Bima
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeOlEwNdBVxfTCfVCqdN5E2n8ozwIOWihSD90hfVQCWzHN9vXhSxU-m4vGCgAuEiAf-wxGrnNrXBrRQeaTbK7niZ_5YS35jzP81zq4S8MYE3rQBYHmB9DvqqQDEUUN21qaTC4_qNmhfgltUf2ZBd-GsxBtMeb7XlX-dbJpumPFVr93dpaHcSrd3KOOLkh8/s320/IMG_20240529_120328.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeOlEwNdBVxfTCfVCqdN5E2n8ozwIOWihSD90hfVQCWzHN9vXhSxU-m4vGCgAuEiAf-wxGrnNrXBrRQeaTbK7niZ_5YS35jzP81zq4S8MYE3rQBYHmB9DvqqQDEUUN21qaTC4_qNmhfgltUf2ZBd-GsxBtMeb7XlX-dbJpumPFVr93dpaHcSrd3KOOLkh8/s72-c/IMG_20240529_120328.jpg
Cakrawala NTB
https://www.cakrawalantb.com/2024/05/kpp-pratama-raba-bima-gelar-kegiatan.html
https://www.cakrawalantb.com/
https://www.cakrawalantb.com/
https://www.cakrawalantb.com/2024/05/kpp-pratama-raba-bima-gelar-kegiatan.html
true
7751781568995321453
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content